Bekukan Rekening Xiaomi Corp, Lantaran Kasus Penggelapan Pajak India

wowklik.com – Otoritas pajak India telah membekukan aset senilai ratusan juta dolar milik perusahaan elektronik terkemuka China, Xiaomi.

Pada Februari 2022, setelah pemerintah India meluncurkan penyelidikan atas tuduhan penghindaran pajak Xiaomi, simpanan sebesar $478 juta atau Rs 6,9 triliun (dengan asumsi nilai tukar Rs 14.620 per dolar) dibekukan di rekening bank lokal di India yang dimiliki oleh Xiaomi.

Tidak hanya ini. Dalam penyelidikan, otoritas pajak India juga menemukan bukti lain bahwa Xiaomi melakukan pengiriman uang ke luar negeri secara ilegal selama bulan Mei.

Hal ini memaksa lembaga penegak hukum India, Badan Kejahatan Federal, untuk menahan dana tambahan sebesar $725 juta, atau Rs 10 triliun.

Menurut dokumen pengadilan Xiaomi yang dilaporkan oleh Reuters, IRS telah memilih blok tersebut untuk melindungi pendapatan pemerintah New Delhi.

Namun, pihak berwenang India tidak berkomentar lebih lanjut tentang hasil penyelidikan aktivitas ilegal Xiaomi.

Namun, menurut sumber anonim, ketika Xiaomi menandatangani kontrak manufaktur di India, penyelidikan dilakukan karena kecurigaan manipulasi.

Aktivitas ilegal ini memungkinkan Xiaomi untuk mencatat keuntungan yang lebih kecil, sehingga menghindari pajak yang telah ditetapkan perusahaan oleh pemerintah.

Sebagai referensi, pabrikan Cina ini adalah salah satu pemasok smartphone terbesar di India. Counterpoint Research juga mengungkapkan bahwa pasar ponsel Xiomi India tumbuh 24 selama setahun terakhir. Angka ini turun tajam dari penjualan tahun 2016 yang hanya 6%.

Post Views: 10

Leave a Comment